Rabu, 04 Desember 2013

 https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRGuERRZAdb3IlxHjVN_1G12LD1OWh6Or5EE5VX2nQb2fCq1AaGSQ
Kimchi
 
Kebanyakan dari orang Indonesia  mungkin tahunya kimchi itu hanya dari sawi putih, lobak ataupun timun ya?hehehe. Jangan salah lo sebenarnya kimchi banyak macam dan jenisnya kalau lihat di google kimchi ada 187 jenis dari berbagai macam sayuran. Walau saya belum bisa bikin semua kimchi yang orang Korea makan tapi kebanyakan saya sudah bisa membuatnya.
Maklum masih taraf belajar heheheh. Kebiasaan orang Korea selalu menyimpan banyak-banyak makanan agar dimusim dingin mereka tak kesulitan.  Jadilah saat lagi musim sayur  seperti lagi musim sawi maka harga murah mereka lantas bikin kimchi sawi. Lagi musim timun dimana harga murah maka mereka bikin kimchi timun begitu seterusnya.
Kali ini saya coba bagi resep bikin kimchi dari cabe hijau orang Korea bilang ( Ghochu Changachi) 고추 장아치. Bikin ghochu Chang Aci bisa pakai cabe besar ataupun cabe kecil yang penting cabenya adalah cabe yang berwarna hijau.
Pertama yang dilakukan adalah cabe hijau 1 kg dibersihkan dan dicuci tapi jangan dibuang gagangnya ya. Setelah ditiriskan maka sisihkan.
Siapkan air bersih kira-kira 1,5 L masukkan 1 gelas kecap asin, garam halus 2 centong sayur, gula putih 1 centong sayur kemudian semua bahan dimasak hingga mendidih. Setelah mendidih dinginkan lalu masukkan 1 centong sayur asam cuka dan aduh hingga rata.
Cabe hijau yang sudah ditiriskan masukkan kedalam toples besar dan masukkan campuran air yang telah dingin tadi. Agar cabe tak ngambang maka beri alat berat diatasnya seperti batu ( yg bersih dan dimasukkan kedalam plastik). Diamkan selama kira-kira 10 hari setelah cabe berubah warna maka cabe boleh dicuci mengunakan air bersih dan tiriskan.
cebe yang sudah direndam dicampur bumbu, foto pribadi
kimchi cabe.
Cabe yang sudah jadi seperti ini sebenarnya boleh juga langsung dimakan hehehhe tapi ada cara yang lebih enak lagi yaitu cabe  yang sudah bersih tersebut dicampur dengan 2 sendok makan ghochujang (pasta cabe dari korea), masukkan cabe bubuk 2 sendok makan, 4 siaung bawang putih yang sudah dihaluskan dan 1 sendok kecap asin campurkan semuanya setelah tercampur maka beri taburan wijen diatasnya. Jadi deh Ghochuchangachi hidangkan saat makan sepiiring kecil saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar