Rabu, 04 Desember 2013

https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQk1Id99MiUszPRaIvmyucgogiZ4kNSk-nKveQEQbgtOc1MBfrL
Massaman curry (Thailand)

Asal usul nama tidak jelas , sebagai massaman / matsaman bukan kata asli Thailand . Ini mungkin telah berasal dari kata masam Melayu , yang berarti " asam" , atau dari nama Wan Mat Saman , seorang Kepala Menteri menonjol dari Kedah , yang di masa kini Malaysia , tapi pernah menjadi negara bawahan dari Siam .
Menurut salah satu teori , itu berasal dari pusat Thailand di istana Ayutthaya pada abad ke-16 melalui utusan Persia dan pedagang . [ 1 ] Menurut teori lain , itu berasal dari Thailand selatan dan kontak dengan pedagang Arab . [ 2 ] karena akar Muslim dan karena itu hukum makanan Islam , kari ini paling sering dibuat dengan daging sapi , tetapi juga dapat dibuat dengan bebek , tahu , ayam , atau , untuk non - Muslim , dengan daging babi ( daging babi adalah makanan yang dilarang bagi umat Islam , varietas ini tidak dimakan oleh Muslim Thailand jeli ) .
The flavoring untuk Massaman curry disebut Massaman pasta kari ( nam phrik Kaeng matsaman ) . Hidangan biasanya berisi santan , kacang goreng atau kacang mete , kentang , bawang , daun salam , kapulaga polong , daging , star anise , gula aren , kecap ikan , cabai dan saus asam . Pedagang membawa rempah-rempah seperti kunyit , kayu manis , adas , jinten, cengkeh dan pala dari Indonesia ke pantai selatan Thailand. Hidangan ini disajikan dengan nasi dan kadang-kadang dengan acar jahe atau " achat " (Thai: อาจาด, [aːtɕàːt]) , iringan dibuat dengan mentimun dan cabai dimaserasi dalam cuka dan gula .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar